Administrasi, Manajemen, dan Organisasi

                                                                                                                        Kelompok 1
                                                                                                Ketua    : M. A. A. Adityawan
                                                                                                Anggota : 1. Cynthia Anggit W.
                                                                                                                2. Della Yuliana
                                                                                                                3. Diana D. Lutfiareni
                                                                                                                4. Disha Amalina
                                                                                                                5. Meida Atik N.
                                                                                                                6. Tamara Agrita L.

Administrasi, Manajemen, dan Organisasi

A.    Definisi Administrasi, Manajemen, dan Organisasi
1.   Administrasi
Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi.
Menurut George R. Terry “Administrasi adalah upaya mencapai tujuan yang ditetapkan dengan mempergunakan orang lain”.
2.   Manajemen
Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. (Tisnawati,Erni dan Saefullah,Kurniawan. 2005.Pengantar Manajemen.Kencana Jakarta:PRENADA MEDIA)
3.   Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu atau sekumpulan orang maupun kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama.
B.    Hubungan Administrasi, Manajemen, dan Organisasi
Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara administrasi, manajemen, dan organisasi adalah sebagai berikut:
1.     Kepemimpinan merupakan arti dari manajemen
2.     Melalui manajemen semua kegiatan dikoordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi
3.     Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau di luar organisasi (formal)
4.     Organisasi (formal) merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi.
C.  Teknik Pengambilan Keputusan

 













1.   Teknik pembagian pengambilan keputusan berdasarkan keadaannya
a.      Pengambilan keputusan di saat keadaan yang pasti (keadaan dimana seseorang atau organisasi berhadapan dengan informasi yang lengkap mengenai suatu keadaan lingkungan yang dihadapinya, sehingga estimasi mengenai masa depan dapat dipastikan)
b.     Pengambilan keputusan di saat yang tidak pasti (keadaan dimana seseorang atau sebuah organisasi berhadapan dengan informasi yang tidak lengkap atau seseorang atau sebuah organisasi tersebut tidak memiliki informasi mengenai masalah yang dihadapi)
c.      Pengambilan keputusan mengandung resiko (keadaan dimana seseorang atau organisasi berhadapan dengan informasi yang dimiliki, namun relatif tidak lengkap jika dibandingkan dengan keadaan yang pasti, namun relatif memadai jika dibandingkan dengan keadaan yang tidak pasti)

2.   Pengambilan keputusan secara berkelompok

Text Box: Teknik Delphi (Delphi Technique)
 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah tentang Wayang

Istilah-istilah di PKN STAN

Perbandingan Telaahan Staf